Thursday, July 5, 2007

Saat Wisuda Tiba….

Gelar baru itu segera diselempangkan. Semua bersiap menyambut. Wajah-wajah cerah terlihat. Senyum memancar dan tersungging pada setiap wajah wisudawan/wati.

Acara arak-arakan pun digelar. Berbagai peralatan digadang. Semua berhias penuh kemeriahan.

Iring-iringan mewarnai sang wisudawan/wati. Ada teriakan. Ada canda. Ada senyum yang tertahan.

Hari itu, Sabtu 28 Juli, acara Penyerahan Mahasiswa dari Dekan dan Ketua Program kepada Rektor di Auditorium Untan Pontianak, dilakukan.
Sang Rektor, Dr Chairil Effendi berharap, alumni Untan menciptakan lapangan kerja sendiri. Bekal semasa perkuliahan sudah cukup, begitu katanya.

Tercatat, 966 mahasiswa/wi, lulus pada semester genap tahun 2006/2007. Mereka terdiri dari Strata II Magister Manajemen 41 orang. Magister Sains 80. Magister Hukum 57. Magister Teknik 6. Strata I Hukum 130. Ekonomi 163. Pertanian 79. Teknik 114. ISIP 76. KIP 134. Kehutanan 37. MIPA 22. Diploma III Pertanian 12. Fisip 15 orang.

Esok harinya, di tempat yang sama, ribuan orang telah menunggu dengan penuh antusias. Mereka berkerumum mengitari sang wisudawan/wati. Ada kebanggaan terpancar. Ada harapan menyembul. Ada rejeki mengalir.

Satu pertanyaan muncul. Akankah, semyum sang wisudawan/wati terus tersungging, ketika mereka mulai meninggalkan ruang Auditorium. Sebuah perjuangan hidup telah menanti. Pada setiap diri.□


Fotografer : Lukas B. Wijanarko
Teks : Muhlis Suhaeri
Edisi Cetak ada di Borneo Tribune, 5 Agustus 2007


No comments :