Sunday, July 8, 2007

Gas Elpiji

Keputusan pemerintah mengganti minyak tanah dengan gas elpiji, disambut baik dengan pendirian Stasiun Pengisian dan Penyaluran Khusus (SPPK) gas elpiji PT Gemilang Asia Sejahtera (GAS) di Desa Wajok Hulu, Kecamatan Siantan, Kabupaten Pontianak, Kalbar.

Pendirian SPPK, dianggap sebagai yang terbesar dan termegah di Indonesia. Adalah, The Iu Sia, seorang pengusaha Kalbar, yang bisa melihat peluang baik bisnis itu.

Dan, peresmian SPPK dilakukan dengan menghadirkan gubernur, walikota, bupati, serta pejabat dari Pertamina.


Pembangunan SPPK telah direncanakan dua tahun. Pembangunan SPPK butuh waktu delapan bulan. Ada tangki timbun dengan kapasitas 250 ton. Semua dipantau dengan sistem komputerisasi. Sehingga bisa dijamin keamanannya.

Ada ponton berkapasitas 4x50 ton. Kabarnya, ponton ini telah dipatenkan sebagai trade mark dan alat angkut gas dari Kilang Plaju Palembang.

Sistem pengisian gas dilakukan dengan komputerisasi. Isi gas ditimbang dengan presisi sangat tepat, karena menggunakan sistem komputer juga.

Semua berharap, dengan berdirinya SPPK bisa berdampak terhadap harga gas. Katanya sih, harga gas bisa turun hingga Rp 7000, pertabung.

Semoga saja.□

Fotografer : Lukas B. Wijanarko
Teks : Muhlis Suhaeri

Edisi Cetak ada di Borneo Tribune, 8 Juli 2007

No comments :