Saturday, April 5, 2008

Wartawan New York Times Ditahan di Zimbabwe

New York (ANTARA News)

Koresponden suratkabar New York Times pemenang hadiah Pulitzer, Barry Bearak, adalah salah satu di antara dua wartawan asing yang ditahan di Zimbabwe, di mana dia sedang meliput pemilihan umum, kata suratkabar itu di sini Kamis.

"Kami tak tahu di mana dia kini berada, atau jika terjadi sesuatu, tuduhan-tuduhan apa yang dikenakan terhadapnya," kata pemimpin redaksi suratkabar itu, Bill Keller, dalam pernyataannya yang dikutip AFP.

"Kami telah melakukan berbagai upaya untuk memastikan bagaimana statusnya, untuk meyakinkan bahwa dia selamat dan diperlakukan dengan baik, dan menjamin bahwa dia akan dibebaskan."


Suratkabar itu menyebut Bearak sebagai ` wartawan yang berpengalaman dan profesional yang telah melaporkan liputan dari berbagai tempat. Dia memenangkan hadiah Pulitzer pada 2002 karena kedalaman liputannya mengenai kehidupan sehari-hari di Afghanistan yang dilanda perang."

Menurut kepolisian Zimbabwe, dua wartawan asing telah ditahan dengan tuduhan melakukan peliputan tanpa akreditasi pers.

Pemerintah Zimbabwe, yang melarang sebagian besar media asing untuk meliput pemilihan umumnya Sabtu lalu, pekan lalu memperingatkan bahwa mereka akan bertindak keras terhadap wartawan yang dengan diam-diam masuk ke negaranya dan melakukan peliputan secara ilegal.

Situasi di ibukota Zimbabwe tampak tegang, pada saat para pemilih menunggu apakah Presiden Robert Mugabe telah kalah dalam upayanya melanjutkan masa jabatannya yang keenam.

Pihak oposisi Gerakan untuk Perubahan Demokratik (MDC) telah mengklaim bahwa pemimpinnya, Morgan Tscangirai menang dalam pemilihan presiden.

Namun sejauh ini masih belum ada kata resmi mengenai hasil pemilu setelah lima hari pemungutan suara itu dilakukan. Meskipun demikian, komisi pemilihan umum mengumumkan semalam bahwa MDC telah memenangkan pemilihan dan berhasil menguasai suara mayoritas di parlemen.(*)

Edisi cetak ada di Borneo Tribune 5 April 2008

1 comment :

Anonymous said...

Tulisan artikel di blog Anda bagus-bagus. Agar lebih bermanfaat lagi, Anda bisa lebih mempromosikan dan mempopulerkan artikel Anda di infoGue.com ke semua pembaca di seluruh Indonesia. Salam Blogger!
http://www.infogue.com/
http://www.infogue.com/masalah_politik/wartawan_new_york_times_ditahan_di_zimbabwe/