Wednesday, April 9, 2008

Washington Post Raih Enam Penghargaan Pulitzer

New York, 8/4 (ANTARA/Reuters)

Washington Post meraih enam Penghargaan Pulitzer Senin, termasuk penghargaan Public Service yang prestigius untuk reportasenya mengenai kondisi veteran perang AS di rumah sakit militer utama Amerika.

Dewan Pulitzer Prize mengatakan koran itu menang karena "mengekspose penelantaran veteran yang terluka di rumah sakit Walter Reed, menimbulkan reaksi keras secara nasional dan menghasilkan reformasi oleh para pejabat federal."

"Ini merupakan kehormatan terbesar," kata Anne Hull, yang karyanya dengan para koleganya Dana Priest dan Michel du Cille memenangkan penghargaan Public Service untuk surat kabar, bagian dari grup media Washington Post Co.


"Kami hanya tidak bisa rileks seperti kami inginkan karena cerita pertama memicu longsornya reaksi keras dari para tentara yang terluka dan suami atau istri dan keluarga mereka dan mereka benar-benar mendera kami hingga kami terus mengikuti cerita tersebut," ia mengatakan.

Penghargaan Pulitzer tahunan ke-92 di bidang Jurnalisme, Sastra, Drama dan Musik diumumkan di Columbia University di New York City. Pemenang Public Service menerima medali emas, dan para pemenang dalam 20 kategori yang ada menerima 10.000 dolar AS.

Washington Post juga memenangkan reportase breaking news untuk liputannya tentang penembakan fatal membabi-buta kolese Virginia Tech dan reportase nasional mengenai eksplorasi pengaruh Wakil Presiden AS Dick Cheney terhadap kebijakan nasional.

Surat kabar tersebut memenangkan reportase internasional untuk serial tentang kontraktor keamanan swasta di Irak yang beroperasi di luar kebanyakan undang-undang yang mengatur angkatan bersenjata AS, penulisan feature untuk cerita tentang pemain biola kelas dunia yang bermain di sebuah stasiun kereta bawah tanah sebagai eksperimen dan penulisan komentar kolom yang mengeksplorasi "masalah ekonomi Amerika yang kompleks dengan ahli."

Kantor berita Reuters memenangkan Penghargaan Pulitzer pertama kalinya, merebut kategori fotografi breaking news untuk foto tentang seorang perekam video Jepang yang terbunuh dalam demontrasi di Myanmar. Foto tersebut diambil oleh fotografer Adrees Latif.

Dalam penugasan di Nepal untuk meliput pemilu, Latif mengatakan ia senang bisa memenangkan penghargaan itu untuk Reuters, namun juga ingin meluangkan waktu guna mengenang Kenji Nagai, rekan wartawan yang gambarnya ia ambil di saat terakhir hidupnya.

"Saya benar-benar senang bahwa ini berhasil dalam sejarah dan bahwa ini mengingatkan orang pada apa yang terjadi pada hari itu," ia mengatakan melalui telepon.

Reuters adalah bagian dari perusahaan berita dan data global Reuters Group Plc. yang berbasis di London.

Penghargaan untuk Bob Dylan

New York Times menang dalam kategori reportase eksplanatori karena meneliti dilema dan masalah etis yang menyertai test DNA dan liputan investigatif untuk cerita tentang ingredien toksik di dalam obat-obatan dan produk lain yang diimpor dari China.

Chicago Tribune juga memenang karena liputan investigatif untuk pengeksposannya tentang regulasi pemerintah yang lemah atas mainan, tempat duduk mobil dan tempat tidur bayi.

Concord Monitor di New Hempshire memenangi fotografi feature karena mengronikelkan sebuah keluarga dimana orangtuanya sakit dalam tahap akhir, dan Milwaukee Journal Sentinel memenangkan penghargaan liputan lokal untuk cerita tentang penghindaran undang-undang pajak untuk menambah pensiun para karyawan pemerintahan lokal.

Boston Globe menang karena kritikan tentang seni visual dan Investor`s Business Dailly menang karena pengartunan editorial. Tidak ada penghargaan yang diberikan untuk kategori penulisan editorial.

Penyanyi-penulis lagu Bob Dylan diberi penghargaan khusus karena "pengaruhnya yang besar pada musik pop dan kebudayaan Amerika, yang ditandai dengan komposisi liris dari kekuatan puitis yang luar biasa."

Penghargaan fiksi untuk "The Brief Wondrous Life of Oscar Wao" oleh Junot Diaz, sementara "August: Osage County" oleh Tracy Letts memenangkan kategori drama, "What Hath God Wrought" oleh Daniel Walker Howe memenangkan bagian sejarah, dan "Eden`s Outcasts" oleh John Metteson memenangkan kategori biografi.

Penghargaan puisi dibagi bersama untuk "Time and Materials" oleh Robert Hass dan "Failure" oleh Philip Schultz, sementara "The Years of Extermination" oleh Saul Friedlander memenangkan non fiksi umum dan "The Little Match Girl Passion" oleh David Lang memenangkan kategori musik.

Peserta dalam kategori sastra, drama dan musik haruslah seorang warga negara AS, sementara dalam kategori journalisme peserta dapat berasal dari kewarganegaraan manapun tetapi karya mereka harus muncul di surat kabar AS.*

Edisi cetak ada di Borneo Tribune 9 April 2008
Foto website The Washington Post

No comments :