Monday, November 3, 2008

Promosi Lewat Adu Nyali

Muhlis Suhaeri
Borneo Tribune, Pontianak
Namanya keren. One Make Race (OMR). Bahasa sederhananya, Balapan Satu Merek. Populernya arena adu balap cepat, tak bisa dipisahkan dengan gelaran OMR yang dihelat oleh merek pabrikan ini, Suzuki.

Motor dengan logo huruf S lancip dan tegas ini, memulai debut balapan OMR dengan menggelar tiga kejuaraan di tiga kota besar, Jakarta, Bandung dan Bali pada 1991. Balapan di Jakarta berlangsung di Sirkuit Ancol. Bandung di Sirkuit Gazibu. Bali berlangsung di Sirkuit Renon. Sebelumnya, kejuaraan adu balap hanya berlangsung di Sirkuit Ancol, Jakarta.


Kegiatan OMR 1991, merupakan arena uji teknologi hasil produksi merek Suzuki. Ketika itu, Suzuki meluncurkan motor RGR. Begitu diluncurkan, motor roda dua dengan kapasitas mesin 150 cc tersebut, langsung menguasai jalanan. Menumbangkan “Raja” jalanan sebelumnya.

Tommy Ernawan, Marketing and Promotion 2W Departement, juga Racing Group Leader dalam kegiatan di Pontianak, memaparkan pengalamannya, ketika menggelar OMR 1991. Kegiatan itu tujuannya baik. Membina dan mengarahkan pembalap-pembalap muda.

Saat itu, kegiatan balap belum terkoordinir dengan baik. Banyak balap liar di jalan raya. “Nah, dari pada balap di jalanan, lebih baik dibuatkan acara balap,” kata Tommy, mantan pembalap motocross yang pernah jadi juara Asean Motocross pada 1984 di Batam.

Sukses dengan kegiatan ini, kejuaraan adu nyali dan teknologi ini, mulai merambah ke berbagai kota di Indonesia. Kegiatan adu balap ini, tentu tak bisa dipisahkan dengan kegiatan promosi, untuk mendongkrak penjualan merek pabrikan ini.

Ketika ditemui, Helmi sedang berada di Sirkuit Sultan Syarif Abdurrahman Pontianak, Minggu (2/11). Pagi itu, ia mengkoordinasikan sebuah hajatan balap bertema One Make Race 2008.

Untuk tahun 2008, agenda adu cepat ini, digelar 13 balapan. Acara dibagi dalam enam region. Region pertama, Sumatera. Ada empat balapan di region ini. Kedua, Jawa. Ada lima balapan di region ini. Ketiga, Bali, NTB dan NTT. Ada satu balapan di region ini. Keempat, Sulawesi. Ada satu balapan. Kelima, Kalimantan. Ada dua balapan di region ini.

Pontianak merupakan tempat penyelenggaraan ke 11, 1-2 November 2008. Kota Medan menjadi kota pembuka kegiatan, 1-2 Maret 2008. Dan, tahun ini, lomba ditutup pada 22-23 November di Surabaya.

Dalam setiap lomba, ada 10 kategori diperlombakan. Kelas bebek 4 Tak Shogun, Smash, Satria dan Matik STD. Ada kelas pemula, Seeded, dan Open.

Meski OMR sudah berlangsung sejak 1991, penyelenggaraan di Kalbar, baru dua tahun terakhir ini. Agar acara berjalan dengan sukses, mesti ada pembangian tugas. Ada yang menangani penyelenggaraan semua acara. Juga, harus ada yang menangani banyaknya penonton dan peserta balap yang hadir.

Edisi cetak ada di Borneo Tribune, 3 November 2008
Fotografer Jessica Wuysang.

1 comment :

Sibolga New Generations said...

Join network

sibolganews.blogspot.com