Tuesday, October 25, 2005

Nurul, Kepala Biro Antara Termuda

Pontianak Post
Selasa, 25 Oktober 2005

Nurul, Kepala Biro Antara TermudaPontianak,- Lembaga Kantor Berita Nasional ANTARA Kalbar mengadakan pergantian kepala biro. Agustinus Jo Seng Bie digantikan Nurul Hayat, yang sebelumnya merupakan pewarta di LKBN Antara Kalbar. Nurul terhitung perempuan ketiga yang memimpin biro daerah dan termuda.

Serah terima jabatan tersebut dilakukan di kantor LKBN ANTARA, Jalan Johar, Senin kemarin. Hadir dalam pelantikan, Wakil Pemimpin Pelaksana Redaksi Bidang Multimedia, Edy Supriatna Syafe'i. Edy juga pernah menjabat sebagai Kepala Biro LKBN ANTARA Kalbar dan bertugas selama delapan tahun.


Jo Seng Bie yang terkenal dengan tulisan-tulisan mengenai budaya, kesenian dan pendidikan, kini bertugas sebagai Kepala Biro LKBN ANTARA di Batam. "Pertimbangannya, Jo Seng Bie cukup mendalami masalah perbatasan di Kalbar dengan berbagai tulisannya. Batam juga mempunyai karakteristik yang hampir sama, yakni sama-sama berbatasan langsung dengan negara lain," tukas Edy.

Maka, Jo Seng Bie juga diharapkan dapat mengangkat masalah-masalah perbatasan yang mengemuka seperti halnya di Kalbar. Pers fungsi kontrol pemerintah juga diharapkan mampu menyampaikan permasalahan melalui tulisan yang bernas. Jo Seng Bie sendiri merupakan pewarta dari Biro LKBN ANTARA Bandung, bertugas selama 40 bulan di Kalbar. "Saya berterima kasih kepada seluruh rekan yang sudah membantu saya dalam bertugas," ujarnya. Dimata rekannya, Aries Munandar wartawan Volare FM, Jo merupakan wartawan yang selalu melakukan tulisan dengan pendalaman data dan narasumber. "Budaya dan kesenian selalu menarik perhatiannya," tukas Aries.

Sementara Nurul, dianggap mampu menjadi kepala biro dalam usia awal 30-an, dengan berbagai prestasi yang dimilikinya. Di tubuh LKBN ANTARA sendiri terdapat 3 kepala biro perempuan, namun Nurul terhitung pewarta yang menjadi kepala biro dalam usia muda dan termuda saat ini.

Nurul pernah mendapat pendidikan militer untuk peliputan di daerah konflik di Sangga Buana Jawa Barat. Selain itu, Nurul juga pernah bertugas untuk melakukan liputan di Nangro Aceh Darrussalam, Biruen, Lhokseumawe, dan Pidie pada tahun 2003, saat dimana Ersa Siregar dan kamaramennya hilang ketika hendak melakukan liputan.(lev)


Foto Lukas B. Wijanarko

No comments :